TUGAS2_MSDM_CARA PERUSAHAAN MEMELIHARA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA

Pemeliharaan (maintenance) adalah kegiatan untuk memelihara, mempertahankan atau meningkatkan kondisi fisik, mental, sikap karyawan dan loyalitas karyawan, agar mereka bekerja sama sampai pensiun dan bekerja produktif untuk menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Pemeliharaan SDM dimaksudkan sebagai suatu kegiatan manajemen untuk mempertahankan stamina SDM dalam melakukan pekerjaan dalam perusahaan. Dengan demikian yang bersangkutan tidak mengalami gangguan selama melakukan tugas yang diberikan kepadanya.
Pemilihan metode untuk pemeliharaan pegawai yang tepat sangat penting, agar pelaksaannya dapat mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Metode – metode pemeliharan antara lain
1.    Komunikasi.
Komunikasi harus digunakan dalam setiap penyampaian informasi dan komukator kepada komunikan.Komunikasi berfungsi untuk instructive, informative, dan influencing dan evaluative. Penerapan komunikasi yang baik di kantor akan menimbulkan suasana harmonis antara karyawan satu dengan karyawan lainnya. Ketika hubungan yang terjalin sudah harmonis dan positif, maka para karyawan dapat bekerja dengan fokus dan maksimal. Komunikasi yang terjadi di perusahaan sangatlah penting. Komunikasi berisikan informasi yang bisa ditindaklanjuti ataupun tidak perlu ditindaklanjuti. Komunikasi yang tidak baik juga akan menurunkan kinerja seseorang karena merasa dirinya tidak dihargai atau tidak didengar. Dengan begitu, jika kita membangun komunikasi yang baik maka kita akan menerapkan saling menghargai sesama pegawai di perusahaan tersebut. Timbulnya rasa saling menghargai membuat karyawan merasa nyaman jika ia ingin berpendapat.
2.    Insentif
Insentif (incentive) merupakan tambahan-tambahan gaji diatas atau diluar gaji atau upah yang diberikan oleh organisasi. Program-program insentif disesuaikan dengan memberikan bayaran tambahan berdasarkan produktivitas, penjualan, keuntungan atau upaya-upaya pemangkasan biaya (Nuraeni, 2013). Kebijakan intensif harus dibuat agar pemberian intensif kepada para karyawan dilakukan secara adil. Dengan memberikan intensif yang sesuai dengan hasil kerjanya maka para pegawai tersebut akan terus melakukan kinerja terbaiknya dan timbulnya loyalitas pegawai terhadap perusahaan tersebut.
3.    Kesejahteraan Karyawan
Kesejahteraan karyawan sebagai setiap pelayanan atau kenikmatan yang diberikan oleh seorang majikan sebagai tambahan gaji dan upah biasa. (Moekijat, 2005).
Kesejahteraan merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka meningkatkan semangat kerja karyawan. Pelayanan yang diberikan perusahaan diantaranya pemberian tunjangan dan fasilitas – fasilitas dalam bentuk tertentu yang di berikan kepada karyawan diluar gaji, tunjangan tersebut biasanya berupa transportasi, uang lembur, jaminan kesehatan, cuti, kantin, asuransi, tunjangan hari tua dan lain sebagainya berdasarkan kebijakan perusahaan
4.    Kesadaran dan Keselamatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu upaya perlindungan yang ditujukan kepada semua pegawai yang ada di perusahaan agar terhindar dari potensi yang dapat menimbulkan bahaya agar tenaga kerja dan orang yang berada di tempat kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat serta sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien (Drs. Harmon Chaniago, 2013).
5.    Hubungan Industrial
Hubungan industrial dalam artian umum, yaitu hubungan formal yang terdapat antara kelompok manajemen dan kelompok pekerja yang terdapat dalam organisasi. Hubungan industrial yang terjadi didalam suatu perusahaan harus dijaga demi menciptakan keharmonisan antar pegawaii maupun manager. Jika terjadi gangguan dalam hubungan industrial akan mempunyai resonansi yang kuat baik dalam lingkungan internal orgnasiasi saja namun juga dapat mengakibatkan resonansi lingkungan eksternal organisasi. Resonansi tersebutu bukan hanya bersifat ekonomi dan keuangan saja, melainkan juga di bidang-bidang lain. Perselisihan hubungan industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh karena adanya perselisihan pemutusan hubungan kerja serta perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh hanya dalam satu perusahaan.







SUMBER:
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hirarki Pemerintahan Indonesia

TUGAS 4

TULISAN2_MSDM_TIPS & TRICK WAWANCARA